Jenis Olahraga Yang Menggunakan Bola Kecil

February 24, 2021 by No Comments

Berita Terbaru Olahraga – Olahraga atau permainan bola kecil sangat menarik untuk dimainkan oleh semua orang. Seperti namanya, olahraga ini akan memakai bola kecil sebagai perlengkapan utamanya. Selain itu ditambah dengan beberapa alat pendukung lain untuk memainkannya. Beberapa jenis permainan bola kecil bahkan sudah masuk ke dalam olahraga berskala internasional, seperti Asian Games dan Olimpiade. Olahraga selalu penuh manfaat, baik untuk kesehatan tubuh maupun mental. Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin bermain game bola kecil. Berikut ini adalah jenis olahraga yang memakai bola kecil.

Jenis Olahraga Yang Menggunakan Bola Kecil

  1. Bisbol

Meski Indonesia bukan negara enggak, game ini tetap populer di sini. Beberapa kali timnas berkompetisi di kompetisi internasional yang mengharumkan nama Indonesia. Ada juga liga antar SMA dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang juga menjadi ajang bergengsi bagi remaja Indonesia. Permainan ini juga menggabungkan akurasi pukulan bola kecil dan kecepatan lari. Setelah memukul, Anda harus segera ke base sebelum bola ditangkap oleh penjaga.

  1. Tenis Meja

Olahraga tenis meja menggunakan bola plastik kecil dengan diameter 40 mm. Bayangkan betapa kecilnya bola yang digunakan. Anda harus mengembalikan bola yang sudah dipukul oleh pemain lawan menggunakan tongkat karet kecil. Tenis meja dilakukan di dalam ruangan (indoor) selain meja dan jaring di bagian tengah. Olahraga ini dapat dilakukan 1 v 1 atau tunggal serta 2 v 2 atau ganda.

  1. Tenis Lapangan

Serupa dengan tenis yang dilakukan di atas meja, lapangan tenis juga menuntut pemain untuk bisa mengembalikan bola dari lawan dengan benar. Bola yang digunakan jelas lebih besar dengan kain dan karet. Raket memukul yang digunakan memiliki bobot yang lebih berat untuk menahan getaran bola yang masuk. Bagian memukul raket menggunakan senar yang diatur secara teratur. Tenis telah menjadi olahraga yang sangat digemari di seluruh dunia dengan acara olahraga yang diadakan hampir setiap bulan.

  1. Sepak Takraw

Olahraga yang satu ini memakai bola kecil yang terbuat dari anyaman rotan. Dalam satu skuad, ada tiga pemain di lapangan dan beberapa pemain pengganti. Sepak takraw cukup populer di Asia Tenggara, khususnya Thailand. Mirip dengan permainan bola voli, sepak takraw juga membutuhkan bola kecil untuk jatuh di area lawan. Bedanya, sepak takraw menggunakan kaki untuk memindahkan bola ke area lawan, sekaligus membloknya.

  1. Biliar

Biliar dimainkan dengan sejumlah bola kecil di atas meja khusus yang memiliki lubang di sudutnya. Akan ada 1 bola putih yang dipukul untuk memasukkan bola lainnya ke dalam lubang. Namun, bola isyarat tidak boleh masuk. Dalam cabang olahraga billiard, ada beberapa nomor yang dipertandingkan di beberapa acara olahraga. Secara garis besar, aturannya kurang lebih akan sama. Bedanya, akan ada satu atau dua aturan yang membuatnya semakin menarik untuk dimainkan.

  1. Golf

Permainan bola kecil ini memang lebih dikenal sebagai olahraga elit. Namun, itu tidak sepenuhnya benar karena ada cara untuk tetap memainkannya. Anda bisa membuat lapangan golf mini di halaman atau berkendara di tempat rental golf. Faktanya, Anda hanya membutuhkan 1 atau 2 tongkat golf dan beberapa bola. Bidang dan lubang bisa dibuat sendiri dengan kreativitas Anda.

Namun, Anda perlu mencoba bermain di lapangan golf besar sesekali. Golf merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi tinggi karena harus memukul bola kecil ke dalam lubang yang sangat jauh. Tidak hanya ketangkasan dalam memukul bola, Anda juga membutuhkan keterampilan dalam membaca arah angin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *