Jajaran Olahraga Ekstrim di Dunia! Berani Coba?

February 24, 2021 by No Comments

Berita Terbaru Olahraga – Olahraga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih kesehatan jasmani dan rohani. Oleh karena itu, olahraga secara teratur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada sebagian olahraga ekstrim yang dapat memacu nyali seseorang dan masih banyak peminatnya. Jenis olah raga ini memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan olah raga lain pada umumnya. Lalu olahraga ekstrim apa saja yang ada saat ini? Berikut kami sediakan daftarnya di bawah ini.

Jajaran Olahraga Ekstrim di Dunia! Berani Coba

  1. BMX

BMX pertama kali muncul pada tahun 1970 tepatnya di California. Karena nama BMX terinspirasi dari olahraga motorcross yang sedang populer di Amerika Serikat saat itu, banyak anak-anak dan remaja yang ingin ikut serta dalam motocross tetapi tidak mampu, membuat trek sendiri dan balapan seperti motorcross, oleh karena itu BMX adalah motorcross bertenaga manusia. Di BMX, pengendara motor diharuskan melakukan gaya bebas akrobat dengan sepedanya. Boleh dibilang, terjatuh merupakan hal yang wajib dialami ketika seseorang melakukan olahraga ini.

  1. Surfing atau Berselancar

Surfing ini menjadi salah sati olahraga ekstrim yang berkembang di Amerika, pada tahun 1960-an yang bertempat di Hawaii. Karena memang di daerah tersebut banyak ombak yang pecah sehingga sangat cocok untuk surfing. Perkembangan olahraga ini dimulai dan bisa dirasakan di seluruh dunia pada tahun 1964. Berselancar pada dasarnya adalah mendayung menjadi ombak besar dengan ketinggian setidaknya 20m. Berselancar memiliki risiko yang cukup berbahaya, mulai dari tersandung dari papan selancar, tenggelam di laut, hingga kepala terbentur batu di dasar laut. Karena itulah untuk melakoni aktifitas olahraga ini harus didampingi dengan pengalaman dan kehati-hatian.

  1. Sky Diving atau Terjun payung

Untuk petualang yang takut akan ketinggian olahraga Skydiving, pasti akan membuat Anda bosan. Bayangkan Anda harus melompat dari ketinggian tertentu langsung dari pesawat. Namun olahraga skydiving ini juga banyak peminatnya. Nyatanya, banyak skydivers yang mengincar keindahan alam pulau Bali.

  1. Moto GP dan F1

Ajang balap mobil paling terkenal di dunia adalah Formula 1 atau biasa disingkat F1. Sedangkan ajang balap motor paling terkenal di dunia adalah Grand Prix Motor atau biasa disingkat menjadi MotoGP. Faktanya tidak sembarang orang dapat menjadi pembalap untuk ajang bergengsi ini. Hal itu dikarenakan seorang pembalap harus mempunyai kekuatan fisik dan mental yang cukup besar. Bayangkan saja, mereka harus mengemudikan kendaraan dengan kecepatan hingga 300 kilometer per jam. Baik pembalap mobil maupun motor harus memakai helm. Helm yang digunakan oleh pembalap biasanya lebih berat dari pada helm yang kita pakai. Itu karena helm pembalap memang dirancang untuk melindungi kepalanya dari bahaya.

Saat berbelok, tubuh pembalap juga harus bisa menerima gaya gravitasi lima kali lebih besar dari biasanya. Oleh karena itu jika kita menonton balapan motor, saat pembalap berbelok, motor akan miring hingga terkadang pelindung lututnya menyentuh lintasan aspal. Apalagi kecepatan kendaraannya sangat kencang, sehingga pengemudi harus terus konsentrasi. Jantung pun akan terpacu untuk bekerja lebih keras, bahkan dua kali lebih cepat dari biasanya.

  1. HangGliding

Tidak jauh berbeda dengan terjun payung, hand gliding ini juga akan membuat Anda bebas seperti burung yang terbang bebas. Perbedaannya di sini adalah Anda harus menggunakan alat yang bentuknya seperti pesawat. Jika ingin mencoba olahraga ekstrim yang satu ini bisa mencobanya di kawasan Puncak Bogor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *