Alasan Kenapa Kamu Wajib Olahraga

February 25, 2021 by No Comments

Berita Terbaru Olahraga – Olah raga memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari membakar lemak, meningkatkan kesehatan jantung, membentuk otot. Dan tentu saja yang jelas membuat tubuh terasa lebih adem dan penampilan lebih percaya diri. Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui mengenai manfaat tersebut. Tapi, kenapa kita masih malas berolahraga? Supaya kamu tidak malas lagi, berikut akan kami jelaskan berbagai alasan kenapa kamu harus lebih rajin berolahraga.

Alasan Kenapa Kamu Wajib Olahraga

  1. Mengurangi Tingkat Stres dan Membuat Anda Bahagia

Mengalami hari yang berat di tempat kerja? Pusing dengan tugas kuliah? Luangkan waktu sejenak untuk menggerakan tubuh, baik itu di gym maupun yang sederhana seperti jogging di sore hari. Olahraga telah lama dikenal dapat membantu mengatasi stres, baik fisik maupun mental. Olahraga juga dapat meningkatkan konsentrasi senyawa norepinefrin, yang akan membantu respons otak menghadapi stres. Jangan terlalu malas saat ingin berolahraga. Berlari beberapa kilometer memang terasa berat, tetapi hasilnya sepadan. Kegiatan olahraga bisa melepaskan endorfin yang menciptakan perasaan bahagia kepada seseorang. Karena itulah dengan melakukan aktifitas olahraga akan meredakan gejala depresi dan memperbaiki mood Anda.

  1. Lebih percaya diri

Olahraga membuat tubuh Anda bugar. Namun tidak hanya itu, tubuh yang terlihat bugar setelah berolahraga membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda. Terlepas dari bentuk tubuh, usia, dan jenis kelamin Anda, olahraga dapat membuat tubuh Anda terlihat lebih menarik di mata. Apa yang lebih penting dari kemampuan mencintai diri sendiri?

  1. Mencegah demensia

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak kita menurun. Keadaan degeneratif ini disebut demensia, di mana sel-sel otak mulai menyusut dan otak mulai kehilangan fungsi. Jadi, olahraga teratur terutama pada usia 25-45 tahun membantu melepaskan senyawa kimia yang berfungsi mencegah terjadinya degenerasi di area hipokampus, yaitu bagian yang mengatur daya ingat dan kemampuan belajar.

  1. Memori Menjadi Lebih Baik

Menurut penelitian, latihan kardiovaskular dapat membuat sel-sel otak baru (neurogenesis) serta meningkatkan kinerja dan memori otak. Tak hanya itu, latihan fisik yang intens juga meningkatkan tingkat faktor neurotropik turunan otak (BDNF) yang dipercaya dapat membantu Anda mengambil keputusan, serta kemampuan berpikir dan belajar.

  1. Meningkatkan Kualitas Relaksasi

Anda mungkin tidur nyenyak setelah berolahraga yang menguras stamina Anda. Bagi sebagian orang, olahraga ringan memiliki efek yang sama seperti obat tidur, bahkan bagi penderita insomnia. Berolahraga 5 hingga 6 jam sebelum tidur akan meningkatkan suhu pusat tubuh Anda. Ketika suhu tubuh Anda kembali normal beberapa jam kemudian, itulah pertanda sudah waktunya untuk tidur.

  1. Lebih Produktif Di Tempat Kerja

Merasa tidak tergerak lagi di meja Anda? Sedikit jalan kaki atau jogging ternyata bisa mengembalikan produktivitas Anda, lho. Penelitian menunjukkan bahwa pekerja yang berolahraga secara teratur lebih produktif dan memiliki lebih banyak energi daripada mereka yang tidak. Kemudian, meski jadwal yang padat kerap menyulitkan kita untuk mencari waktu berolahraga, para ahli percaya bahwa siang hari adalah waktu yang ideal untuk berolahraga berdasarkan ritme sirkadian tubuh.

  1. Mengurangi Tingkat Ketergantungan pada Sesuatu

Otak melepaskan dopamin, zat kimia yang menyebabkan perasaan senang sebagai respons terhadap berbagai bentuk kesenangan, seperti olahraga, seks, obat-obatan, alkohol, dan makanan. Namun, beberapa orang menjadi kecanduan dopamin dan menjadi tergantung pada zat yang memproduksinya, seperti narkoba dan alkohol. Kabar baiknya, olahraga bisa membantu Anda menyembuhkan kecanduan itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *